Cara Bekerja Menjadi Staff Airlines Dibandara Atau Staff Pasasi
UNIT-UNIT GROUND HANDLING :
A. Pasasi
-Check in Counter
-Boarding Gate
-Transfer Desk
-Services
-Greeting
B. Bagage handling
-Bagage Checker
-Loading Master
-Lost&Found
E. CRO
C. Ramp Dispatcher
D. Cargo Handling
E. Operation
F. Catering
G. Security
Informasi diatas mungkin sedikit out of topic, tapi kalian jg harus tau juga mengenai unit unit groundhandling yang ada di bandara.
A. PASASI
Pasasi adalah bagian dari ground handling yang menangani penumpang dimulai dari proses check in hingga penumpang naik ke pesawat(Aircraft),dan menangani proses penumpang transit.
— Check in Counter —
Check in Counter adalah tempat melapor nya penumpang yang ingin menggunakan jasa penerbangan.
1. Persiapan-persiapan petugas Check in Counter adalah :
– Perhatikan Performance diri
– Mengecheck display pada billboard, apakah sudah sesuai dengan penerbangan yang akan kita incharge.
– Menyiapkan label bagasi,limited release, surat pernyataan & boarding pass
– Check in counter dibuka 2 jam sebelum waktu keberangkatan dan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan.
2. Tugas-tugas pokok Check in Counter :
-Mengecek Validity tiket, tanggal penerbangan, rute penerbangan & Class.
-Mencocokkan dokumen penumpang seperti KTP, PASPORT atau SIM yang akan di cocokkan dengan
tiket.
– Mengecek bagasi serta memastikan label serta tujuan penumpang sesuai, menimbang bagasi, dan menempelkan label bagasi serta memberikan claim tag kepada penumpang
– Menangani excess baggage.
– Menentukan sheet number penumpang serta menerbitkan boarding pass.
– Menangani Penumpang GO SHOW
– Berkomunikasi & berkoordinasi dengan unit lain.
— Boarding Gate —
Petugas boarding gate pada dasarnya bertugas melayani penumpang selama berada di boarding lounge. Tugasnya antara lain ;
– Memeriksa dan memastikan kesesuaian identitas penumpang antara identitas ktp / passport dengan identitas di boarding pass dengan tujuan tidak adanya kekeliruan atau kesalahan data pada penumpang.
– Memeriksa boarding pass penumpang untuk melihat rute dan registrasi pesawat serta jam penerbangan dan ruang tunggu agar tidak terjadi kesalahan dalam memasuki ruang tunggu ( boarding gate )
– Apabila pada saat pesawat sudah mau boarding/naik kepesawat , tetapi penumpang boarding tidak sesuai atau masih ada kekurangan, maka petugas boarding gate harus melakukan pemberitahuan nama kepada penumpang serta melakukan panggilan terakhir ( last minute called ) kepada penumpang yang bersangkutan, agar segera menuju pesawat.
melakukan koordinasi kepada koridor mengenai kekurangan penumpang
menyiapkan dokumen/manifest penerbangan
Sumber Berita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar